AYAT AL QURAN YANG MENERANGKAN TENTANG PELANTIKAN IMAM ALI SEBAGAI PENGGATI NABI SAWW.


Tulisan ini di paste dari facebook

ALLAH SWT BERFIRMAN DLM SURAT AL MAIDAH AYT 67
SILAKAN SIMAK :

” WAHAI RASULMSAMPAIKAN APA YANG DI TURUNKAN KPDMU DARI TUHANMU.
DAN JK TDK KM KERJAKAN (APA YG DI PERINTAHKAN ITU, BERARTI) KAMU TDK MENYAMPAIKAN RISALAH-NYA.
ALLAH AKN MEMELIHARA KAMU DARI (GANGGUAN) MANUUSIA.
SESUNGGUHNYA ALLAH TDK MEMBERI PETUNJUK KPD ORANG2 KAFIR”

PENJELASAAN TAFSIR :

Dlm ayt al maidah ayat 67 itu.
Yg d ajak bicara hanya nabi saww. Ayt itu menyatakan hanya kewajiban beliau ,tek ayatnya mulai dgn kata2 “WAHAI RASUL”
Dan selanjutnya secara exsplisit dan penuh penekanan ia memerintahkan kpd beliau demikian,……..” SAMPAIKANLAH APA YG D TURUNKAN KPDMU DARI TUHANMU….”

Kemudian utk penekanaan lebih lanjut,ia memperingatkn beliau bhw jk beliau tdk meleksanakan hal itu ( sesuatu hal yg tdk akn pernah terjadi pd beliau), Berarti beliau tdk menyampaikan sama sekali risalah-NYA kpd umat manusia.
Ayat di atas mengatakan, ” DAN JIKA TDK KAMU KERJAKAN (apa yg d perintahkan itu berarti) Kamu sama sekali tdk menyampaikan risalah – NYA.

setelah itu,wahyu di atas menghibur nabi saww seolah2 beliau cemas dan khawatir bhw akn timbul insiden tertentu, dan mengatakan kpd beliau agr tdk merasa takut terhadap manusia dlm meleksanakan  kewajibaan ini.Ayat di atas mengatakan ” ALLAH AKN MEMELIHARA KAMU DARI (GANGGUAN) MANUSIA..”

DAN d akhir ayat, sbg ancaman dan hukuman bg mereka yg menolak atau mengingkari pesan kusus ini dan dgn keras hati menolaknya, Ayt d atas mengatakan ” SESUNGGUHNYA ALLAH TDK MEMBERI PETUNJUK KPD ORANG2 YG KAFIR.

NOTE :

Sungguh, betapa penting masalah yg ada dlm bulan2 terakhir kehidupaan nabi saw, yg d sebutkan dlm ayt di atas,sehingga jk tdk di sampaikan kpd masyarakat mk hal itu sama dgn tdk menyampaikan risalah kerosulan itu sendiri secara keseluruhaan.

Dlm berbagai kitab karangan ulama2 dari madzhab suny maupun syiah, terdapat byk hadits shahih yg mengatakan bhw ayt tersebut di atas di wahyukan di ghadirkum mengenai penunjukan pengganti nabi saww dan nasib islam dan kaum muslimin di masa mendatang

Refrensi kitab suny :

Jalur suny :

(1)Sunan ibn majah, jilid 1 hal,55.

(2) Al-fadha’il olh ahmad bin hanbal (tulisaan tangan)

(3) khasha’ish an nisa’i hal 21,

(4) Al kana wal asma oleh dulabi, jilid 2,hal 61.

(5) musykilul atsar olh thahawi,jilid 2,hal 307

(6) Al Iqdul farid jilid 3,hal 94.

(7) Al  isti’hab,jil 2 hal 460.

(8) Tarikh baghdad,jilid 7,hal 377.

(9) Mustadrak al hakim jil 3, hal 110.

(10) Tarikh Damsyiq, jil 2, hal 166.

(11) Tarikh al Hafizh oleh ibnu kasir,jil 2 hal 14.

Nah itu refrensi kitab kitab suby yg mengatakan surat al maidah ayat 67 menerangkan tentang pelantikan imam Ali. As.

Note :
Setelah semuanya tlh di sampaikan dgn nabi saww atas dasar wahyu tentang pelantikan atau pengangkatan imam Ali bin abi tholib.                      lalu nabi membubarkan jamaah haji tersebut dan mengintruksikan umat islam agar memberitahukan momentum tersebut kpd orang2 islam yg blm mengetahuinya.

Setelah itu turunlah  ruhul amin menyampaikan wahyu ayt suci  kpd nabi saww…ALLAH BERFURMAN ” PADA HR INI AQ TLH MENYEMPURNAKAN AGAMAMU UTKMU,DAN AQ MENYEMPURNAKAN NIKMATKU ATASMU DAN TLH KU RIDHOI ISLAM SBG AGAMAMU….” (al maidah ayt 3).
Ayt ini turun sbg penutup wahyu  terakhir yg d terima Nabi saww.
Semua bersepakat dlm hal ini.

Keterangan :
Allah swt telah menyempurnakan agama islam sbg agama yg sempurna kerena seluruh perintah Allah swt tlh di tunaikan oleh Nabi saww dgn baik dari perintah penyampaiannya, dari hal hal yg paling kecil maupun hal hal yg paling besar.

Contoh hal yg paling kecil adalah :
menyampaikan dan mengatur semua tata cara hidup umat, dari masuk dari masuk kamar mandi sampai dlm hal hal kecil lainnya.
Dari yg halal maupun yg haram dari yg tdk jelas menjadi jelas,dan hal hal lainnya. semua telah di sampaikan kpd umat selama 23 tahun.
Nabi saww berdakwah mengajak umat menuju ridho-NYA Allah Swt.

Dan sampai kpd perkara yg amat besar, yaitu berkaitan dgn masa depan umat islam di masa yg akn datang.
Dgn menunjuk seorang wasih atau penggati beliau saww, setelah wafatnya beliau saww.

Dan sempurnalah agama islam yg sdh di sampaikan oleh baginda nabi saww utk umat.
Dan umat tdk kehilangan pigur pemimpin setelah wafatnya nabi saww itu.

“Pada hari itu Allah telah menyempurnakan agamamu untukmu, dan menyempurnakan nikmat ku atasmu dan telah kuridhoi islam sbg agamamu ”
(Al maidah ayat 3)

Semoga kita senantiasa berada dlm wilayah imam Ali bin abi tholib sebagai wasihnya nabi saww, yg wajib di taati setelah ketaatan kpd beliau.
Amin….

(12) – ” HARI GHADIR KHUM PELANTIKAN IMAM ALI SEBAGAI GENERASI PENERUS NABI SAWW ” http://syiahahlulbaitnabi.blogspot.com/2016/01/20-hari-ghadir-khum-pelantikan-imam-ali.html

Wasalam semoga bermenfaat informasi ini.

Leave a comment