Imam Khomeini Dan Le Monde


SHAH MENUDUH ANDA DAN PARA PEMIMPIN AGAMA LAIN SEBAGAI ORANG YANG MENYEMBUNYIKAN KEBENARAN (OBSCURANTIST) DAN BERPAHDANGAN KE BELAKANG. APA PENDAPAT ANDA?

Shah sendirilah orang yang menyembunyikan kebenaran. Dari seluruh imbauan saya kepada rakyat Iran selama 15 tahun terakhir, saya selalu menekankan pembangunan sosial dan ekonomi negeri kami. Namun Shah menerapkan kebijakan imperialis dan berusaha keras membawa Iran ke keadaan keterbelakangan. Rezimnya adalah rezim diktator. Kebebasan individual telah disingkirkan. Pers, partai politik dan pemilu yang sejati dibungkam. Wakil-wakil rakyat dipaksa Shah melanggar UUD. Pertemuan politis dan keagamaan dilarang. Kemerdekaan budaya dan kemandirian pengadilan tidak ada lagi. Shah mengabaikan ketiga kekuasaan. la mendirikan partai tunggal, dan lebih buruk lagi, memaksa rakyat bergabung dengan partai itu, atau menanggung akibatnya.

Pertanian kami telah dihancurkan, padahal 23 tahun lalu produksinya melebihi kebutuhan karena kami bukan pengekspor murni. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Shah sendiri dua tahun silam, Iran meng-impor 93% dari kebutuhan pangannya. Inilah yang dicapai oleh apa yang dise-but sebagai Reformasi Pertanian (Land Reform). Universitas kami seringkali ditutup. Mahasiswa kami dipukuli dan dipenjarakan beberapa kali setep tahun.

Shah merusak ekonomi kami dan menyianyiakan pendapatan dari minyak — kekayaan masa depan — demi persenjataan yang, diperoleh dengan harga yang melambung. Ini merupakan serangan terhadap kemerdekaan negeri.

Saya menentang Shah terutama karena kebijakan dan ketundukannya pada kekuatan asing yang merugikan perkembangan rakyat kami. Shah berbohong ketika mengaku membawa Iran pada batas-batas peradaban besar”, dan menggunakan kepura-puraan ini untuk menyabotase kemerdekaan negara dan menumpahkan darah rakyat. Buruh, petani, pelajar dan, pedagang, pria dan wanita, semuanya berjuang menentang obskurantisme-nya yang reaksioner.

Justru karena kenyataan-kenyataan jelas inilah sehingga Shah berusaha memutarbalikkan perlawanan kami dan menuduh kami obscurantist dan reaksioner. Bila suatu hari kami berhasil menjatuhkannya, ia akan diadill berdasarkan apa yang telah ia lakukan terhadap perkembangan ekonomi dan budaya kami. Maka dunia akan mendengar kejahatan-kejahatannya.

ANDA DITUDUH OBSKURANTISME DAN ANDA HANYA MENGALIHKAN TUDUHAN TERHADAP SHAH. INI TIDAK DENGAN SENDIRINYA MEYAKINKAN. BAGAIMANA SIKAP ANDA TENTANG BERBAGAI ISU SEPERTI REFORMASI PERTANIAN, INDUSTRIALISASI DAN STATUS WANITA?

Reformasi agraria Shah terutama dilniatkan untuk menciptakan pasar bagi negara-negara asipg. Yang kami inginkan adalah suatu reformasi yang me|mungkinkan petani mendapatkan manfaat melalui apa yang mereka hasilkan dan menghukum tuan tanah yang melanggar syari’ah.

AKANKAH TANAH YANG DISITA DIKEMBALIKAN KEPADA PEMILIK SEBELUMNYA?

Tentu saja tidak. Para pemilik ini kenyataannya menimbun keuntungan selama bertahun-tahun tanpa mendistribusikannya sebagaimana yang diinginkan Islam. Mereka menguasai kekayaan milik masyarakat dan ini menyimpang dari hukum Islam. Jika kami berkuasa, kami akan menyita kekayaan mereka yang diperoleh secara tidak sah dan mendistribusikan kembali  kepada pihak yang membutuhkan secara sepadan. Mengenai industrialisasi negara, kami meyakininya, tapi kami menginginkan industri yang benar-benar “milik bangsa dan mandiri. Industri yang berintegrasi dengan  ekonomi negara dan  bersesuaian dengan pertanian dalam pelayanan kepada rakyat.  Kami tidak menginginkan industri yang bergantung pada negara asing yang hanya berupa pabrik perakitan, seperti yang kini sedang dibangun di Iran. Kebijakan industri dan pertanian Shah telah mengubah kami menjadi masyarakat konsumen demi kepentingan kekuatan asing.

Tentang wanita, Islam tak pernah menentang kebebasan mereka. Tapi menentang wanita dijadikan sebagai objek. Islam mengangkat martabat mereka. Wanita sejajar dengan pria. Masing-masing bebas memilih kehidupan dan profesi mereka. Tapi rezim Shah berupaya mencegah kebebasan wahita dengan menceburkan mereka kedalam kehidupan tidak bermoral. Terhadap hal inilah lslam menjaganya. Rezim Shah telah merusak kebebasan wanita dan pria. Wanita maupun pria membengkakkan penghuni penjara Iran, dan inilah di mana kebebasan terancam. Kami ingin membebaskan mereka dari kebobrokan yang mengancam mereka.

APA PENDAPAT ANDA MENGENAI CAP “ISLAM-MARXIS” YANG SELALU DIGUNAKAN REZIM SHAH DALAM MENGUTUK PARA PERUSUH? APAKAH ANDA MEMPUNYAI HUBUNGAN ORGANIK DENGAN KIRI EKSTRIM?

Shah-lah yang menggunakan ungkapan ini dan para penjilatnya mengikutinya. Ini konsepsi yang keliru dan kontradiktif yang diciptakan untuk mendiskreditkan dan mengharamkan perjuangan rakyat Muslim terhadap rezim. Konsep Islam, berdasarkan Tauhid, merupakan lawan dari materialisme. Ekspresi “Islam-Marxis” jelas-jelas tidak benar.

Ungkapan lain Shah dan mesin propagandanya adalah “aliansi antara reaksi hitam dengan subversi merah”, dan ini memiliki sasaran yang sama — untuk rnenakut-nakuti dan menciptakan kebingungan dalam rangka menghancurkan oposisi kaum Muslim terhadap rezim yang bersifat total dan pasti.

Tidak pernah ada aliansi antara kaum Muslim yang menentang Shah dengan unsur komunis, baik yang ekstrim maupun yang tidak. Saya selalu menekankan dalam pernyataan-pernyataan saya bahwa kaum Muslim harus berpadu dalam perjuangan dan tidak melakukan kolaborasi apapun dengan unsur komunis. Inilah sikap perjuangan kami melawan Shah yang akan kami pertahankan. Karena alasan inilah Shah berusaha menyesatkan dasar perjuangan kami.

DALAM KETIADAAN KAITAN ORGANIK, AKANKAH ANDA MEMPERTIMBANGKAN ALIANSI TAKTIS DENGAN GOLONGAN MARXIS UNTUK MEMAKZULKAN SHAH? JIKA ANDA BERHASIL, BAGAIMANA SIKAP ANDA TERHADAP MEREKA?”

Tidak, kami tak akan bekerja sama dengan mereka. Juga tidak dalam usaha menjatuhkan Shah. Telah saya katakan kepada orang-orang saya jangan bekerja sama dengan mereka. Kami menentang ide-ide mereka, dan kami tahu mereka mematok kami dari belakang. Jika berkuasa, mereka akan mendirikan rezim diktator yang berlawanan dengan semangat Islam.

Bagaimanapun, dalam masyarakat yang hendak kami bentuk, golongan Marxis bebas mengungkaplvan opini mereka, karena kami yakin Islam mempunyai semua jawaban yang dibutuhkan rakyat kami. Kami mampu menghadapi ideologi mereka. Sejak awal mereka menolak eksistensi Tuhan. Kami tak pernah menolak kebebasan mereka atau menyalahinya. Setiap orang bebas menyatakan pendapatnya kecuali untuk membuat makar.

APA PENDAPAT ANDA TENTANG SEBAB GELOMBANG KERUSUHAN DI IRAN? MENGAPA ITU TERJADI SEKARANG?

Penindasan yang dipraktekkan oleh Shah dan ayahnya serta kemalangan yang menimpa rakyat — kebebasan, kemandirian, kemajuan, dan kesejahteraan mereka ditolak, dan hanya diisi dengan janji-janji selama 15 tahun terakhir — menjadi alasan demontrasi mereka. Kondisi ekonomi, sosial, dan budaya telah menjadi lebih buruk. Penindasan telah meningkat sampai pada tahap tak dapat ditolerir lagi. Kerusuhan sekarang adalah pertanda keruntuhan besar dari akibat yang tidak diperhitungkan.

Kontrademonstrasi yang diatur polisi dengan menggunakan peserta bayaran dan terus menerusnya aksi pembunuhan di desa-desa dan kota dimaksud untuk mencegah kejatuhan Shah.

MENURUT ANDA, PUTERA ANDA DIBUNUH? JIKA TIDAK, MENGAPA KEMATIANNYA MENIMBULKAN LEDAKAN KERUSUHAN INI?

Saya tak dapat mengatakan dengan pasti. Namun, yang saya ketahui bahwa sehari sebelum kematiannya, ia dalam keadaan sehat dan, menurut berita yang saya terima, beberapa orang yang mencurigakan mengunjunginya sore itu. Besoknya ia kedapatan meninggal. Bagaimana sebenarnya itu, saya tidak tahu.

Rakyat mengekspresikan kemarahan mereka pada kesempatan ini. Tentu saja rakyat kami mencintai mereka yang mengabdi dan menganggap saya dan putera saya sebagai pengabdi mereka. Sejak itu, setiap pembantaian yang diatur rezim membawa pada demonstrasi baru empat puluh hari kemudian, tapi yang penting di sini bukanlah kematian putera saya, melainkan pemberontakan rakyat terhadap penindas.

APA RENCANA POLITIK ANDA? ANDA INGIN MEN-JATUHKAN REZIM SHAH? REZIM MACAM APA YANG HENDAK ANDA GANTIKAN?

Idealnya kami hendak mendirikan Negara Islam. Namun, sasaran awal kami adalah meruntuhkan rezim otokratik ini. Pada tahap awal, otoritas yang memehuhi kebutuhan dasar rakyat harus dibentuk.

APA YANG ANDA MAKSUD DENGAN NEGARA ISLAM? ORANG TERBIASA BERPIKIR TENTANG KESULTANAN USMANIYAH ATAU ARAB SAUDI.

Kerangka rujukan satu-satunya bagi kami adalah ZAMAN RASULULLAH SAW DAN IMAM ALI.

APAKAH ANDA

MELIHAT PEMULIHAN KONSTITUSI 1906 MERUPAKAN PENYELESAIAN YANG PRAKTIS?

Hukum-hukum konstitusi 1906 dapat berperan sebagai dasar negara yang kami dukung asalkan dilakukan perubahan. Hukum-hukum itu mengabdi pada syari’ah.

KONSTITUSI ITU MEMELIHARA REZIM MONARKIS. ANDA MENGINGINKAN MONARKI ATAU REPUBLIK?

Yang akan kami dirikan sama sekali bukan resim moriarki. Itu sudah pasti!

APAKAH ANDA MENYETUJUI PENGALIHAH KEKUASAAN KEPADA PUTERA SHAH SEKARANG?

Kami menentang ayah Shah, melawan. Shah sekarang, dan menentang keseluruhah dinastinya, karena rakyat tak menginginkan apapun yang berkaitan dengan mereka.

APAKAH ANDA BERNIAT MEMIMPIN PEMERINTAHAN SECARA PRIBADI?

Secara pribadi? Tidak. Baik usia, posisi, maupun kecenderungan pribadi saya membuat saya tak merasa pantas untuk tugas demikian. Bila situasi rnemungkinkan kami akan memilih orahg-orang yang berkualitas dari kalangan orang-orang yang mehgetahui betul gagasan dan pemerintahan Islam.

ANDA SELALU MENOLAK MEMBER! KESEMPATAN WAWANCARA KEPADA PERS ASING. MENGAPA?

Pers internasional hanya memberi perhatian utama pada kebesaran, pertunjukan kepura-puraan, dan upacara resmi, seperti Persepolis, penobatan Shah, dan sebagainya. Paling-paling ia hanya memperlihatkan kepentingan dalam harga minyak, tapi tak pernah pada kemalangan rakyat Iran atau penderitaan yang mereka pikul. Konon kabarnya Shah menghabiskan US 100 juta setahun untuk propaganda di luar negeri.

Karena alasan inilah sepanjang 15 tahun terakhir, saya menyampaikan pernyataan-pernyataan saya kepada rakyat Iran. Namun, orang mengatakan kepada saya bahwa koran Anda independen dan menaruh perhatian pada masalah-masalah Iran yang sesungguhnya: penganiayaan, pembantaian dan ketidakadilan. Saya berharap wawancara ini akan memberi sumbangan bagi diketahuinya tujuan dari rakyat kami.

APAKAH KEBIJAKAN PRO-ISRAEL MERUPAKAN SALAH SATU ALASAN PENENTANGAN ANDA TERHADAP REZIM SHAH?”

Ya karena Israel menyabot tanah rakyat Muslim dan melakukan kejahatan yang tak terhingga. Dengan hubungan diplomatik dengan Esrael dan mermberi bantuan ekonomi, Shah menabrak  keperntingan Islam dan kaum Muslim.

APAKAH ANDA INGIN MELIHAT IRAN BERGABUNG DENGAN NEGARA-NEGARA ARAB UNTUK IKUT BERPERANG RNELAWAN ISIRAEL?

Saya selalu mendesak kaum Muslimin seluruh dunia agar bersatu memerangi musuh mereka. Israel salah satunya. Sayang, imbauan saya tidak diindahkan oleh rezim-rezim di berbagai negara Islem. Saya harap, pada akhirnya himbauan saya didengar. Mengenai saya pribadi, saya akan bersikeras di jalan yang sama.

Rakyat Lebanon harus kembali ke rumah mereka dengan jalan apapun, dan ini merupakan kewajiban mereka untuk berjuang bagi pemulihan tanah mereka sebelum orang-orang Israel memukimkan orang-orang mereka di sana. Saya sendiri telah meminta rakyat Iran dan kaum Syi’i di seluruh dunia untuk segera memberi bantuan kepada saudara mereka di Lebanon Selatan. Imbauan saya telah memberi dampak. Tapi hanya pemerintahlah yang memiliki sarana untuk memenuhi kebutuhan rakyat, dan hanya pemerintanlah yang mampu menekan dan memaksa lsrael mundur dari wilayah tersebut.

SEBUAH DETASEMEN TENTARA IRAN KINI DITEMPATKAN BERSAMA PASUKAN PBB DI LEBANON SELATAN. MENURUT ANDA, APAKAH INI MEMBERI SUMBANGAN POSITIF?

Kami telah berpengalaman dengan rezim Iran. Tak ada alasan untuk percaya bahwa rezim ini, yang terus-menerus membantu Israel dengan kerugian di pihak Arab, kali ini akan bertindak untuk tujuan besar. Menurut saya, tindakan Iran ini mempunyai tujuan utama mencegah musuh-musuh Israel mengungkapkan pendapat mereka.

BAGAIMANA SIKAP ANDA TERHADAP AMERIKA SERIKAT?

Dalam khotbah-khotbah saya, telah beberapa kali saya jelaskan sikap saya terhadap AS dan kekuatan-kekuatan digdaya lain yang mengeksploitir sumber-sumber daya negara-negara miskin, menempatkan orang-orang mereka di negara-negara ini, dan mendukung penindasan yang dilakukan terhadap penduduk Dunia Ketiga. AS, yang merekayasa kudeta tahun 1953 terhadap Musaddiq dan mengembalikan Shah ke tampuk kekuasaan, tidak mengubah kebijakannya. Sepanjang situasi demikian tidak berubah, sikap saya pun akan tetap sama.

APAKAH ANDA PERCAYA, SEBAGAIMANA ORANG LAIN, BAHWA AS AKAN MEMBENTUK REZIM YANG LIBERAL DI IRAN?

Deklarasi HAM? Cuma slogan saja. Tidak, saya tidak percaya. Coba lihat, bagaimana Presiden Carter, ketika berada di Teheran, mengulang dukungannya terhadap Shah dan bagaimana dukungan ini dalam prakteknya dilakukan terus-menerus. Bagaimanapun, kami tak akan pernah menyetujui rezim diktatorial dengan wajah liberal.

BAGAIMANA POSISI DAN SIKAP ANDA TERHADAP UNI SOVIET, TETANGGA BESAR IRAN?

Sama sebagaimana sikap saya terhadap AS. Kedua kekuatan mengeksploitir rakyat kami, dan saya tidak melihat adanya perbedaan di antara mereka, atau bahkan antara mereka dengan Inggris. Hanya kalau Iran mendapatkan kemerdekaan sejati-lah yang memungkin-kan Iran menjalin hubungan yang sehat dengan seluruh negara di dunia.

PERCAYAKAH ANDA BAHWA REZIM SHAH DAPAT MEN-JADI LIBERAL?

Sama sekali tidak. Prinsip-prinsip demokrasi dan kebebasan itu sendiri bertentangan secara fundemental dengan rezim ini dan eksistensi Shah itu sendiri. Bagi kami, tak mungkin ada kompromi dengan Shah. Kejahatannya tak dapat dihitung lagi. Tugas pertama dari rezim bebas yang baru malah melakukan dakwaan .tertiadap Shah untuk kekayaan yang ia sembunyikan di bank-bank asing. la harus menjawab seluruh kejahatan yang ia lakukan. Mustahil ada kebebasan yang sejati sepanjang Shah masih berada di singgasana

Leave a comment